Peringatan Hari Laut Sedunia, Polairud Polda Babel Bersih-Bersih Pantai

Bangka625 Dilihat
banner 468x60

BANGKA — Direktorat Polairud Polda Kepulauan Bangka Belitung serta Satpolairud Polres Bangka, melakukan kegiatan bersih-bersih pantai, Sabtu (08/06) pagi, di pantai muara air kantung, Kota Sungailiat.

Tidak hanya mereka saja, masyarakat pesisir serta nelayan pun turut ikut serta dalam aksi kebersihan itu. Personel Polairud Polda Kepulauan Bangka Belitung sendiri meliputi 3 kapal patroli yang bermarkas di muara jelitik, serta sisa lainnya adalah personel Satpolairud Polres Bangka.

Mereka membersihkan sampah-sampah yang berserakan di sekitar pantai itu. Pada kegiatan itu, masyarakat dan Kepolisian pun nampak bersemangat dan membaur guna menjaga kebersihan pantai itu.

Direktur Polrairud Polda Kepulauan Bangka Belitung melalui Komandan Kapal KP 2004 Bripka Heri Irawan mengatakan, kegiatan ini dilakukan dalam rangka world ocean day tahun 2024.

” Allhamdulillah, tadi kita melakukan giat bersih-bersih pantai bersama masyarakat pesisir dan nelayan setempat juga. Untuk memperingati hari laut sedunia, atau world ocean day tahun 2024,” kata Heri.

Heri berharap, kegiatan ini dapat menimbulkan manfaat kepada masyarakat pesisir, nelayan hingga pengunjung pantai, lantaran kebersihan pantai yang terjaga.

Untuk diketahui, berdasarkan informasi yang didapatkan dari Wikipedia, World Ocean Day atau Hari Laut Sedunia telah diperingati setiap tanggal 8 Juni sejak pengajuan pertama pada tahun 1992.

Hari Laut Sedunia merupakan hari peringatan untuk menghargai laut-laut di dunia dengan merayakan hasil-hasil yang disediakan oleh samudra, seperti makanan laut dan kehidupan laut.

Sebabnya, laut itu juga menyediakan jalur pelayaran untuk perdagangan internasional. Polusi global dan konsumsi ikan yang berlebihan telah menyebabkan populasi ikan berkurang dengan drastis.

Hari peringatan ini juga memberikan kesempatan berbeda untuk menyelenggarakan aksi komunitas dan personal untuk menjaga samudra dan hasil di dalamnya.

Sementara, Kasat Polairud Polres Bangka IPTU Arif saat dikonfirmasi melalui pesan WhatsAppnya membenarkan adanya kegiatan itu.

Kata Arif, seluruh personel Satpolairud Polres Bangka dilibatkan dalam kegiatan itu.

” Iya, tadi ada giat itu bersih-bersih pantai. Seluruh personel Satpolairud Polres Bangka kita libatkan,” tulis Arif. (Edho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *