Siap-siap, Bakal Ada Event Harmoni Belinyu 2023

Bangka1361 Dilihat
banner 468x60

BANGKA — Usai Belinyu Fair Festival yang berhasil digelar pemerintah Kecamatan Belinyu tahun lalu. Tahun ini tak ketinggalan event bergengsi lagi. Event Harmoni Belinyu 2023, akan hadir pada 28 hingga 30 September nanti, di halaman rumah dinas Camat Belinyu. Event tersebut mengusung tema religi, kuliner, pesta rakyat hingga panggung hiburan.

Event itu pun resmi akan digelar usai dilakukan press confrence yang dilakukan oleh Bupati Bangka Mulkan, Camat Belinyu Lingga Pranata dan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bangka Rismy Wira Madonna, Minggu (20/08) sore, di Melawai Space, Sungailiat.

Camat Belinyu Lingga Pranata mengungkapkan, event Harmoni Belinyu ini artinya sebuah event gabungan dari mulai kuliner hingga budaya yang mesti dipertahankan. Selain itu kata Lingga, sebagai wujud kecintaan kepada Belinyu.

” Kegiatan Harmoni Belinyu ini kami lakukan karena kecintaan kami kepada Belinyu. Dan banyak yg harus kita pertahankan seperti religi, kuliner hingga kebudayaan. Bagaimana ini semua menjadi kegiatan yang positif, sehingga kami namakan kegiatan harmoni Belinyu. Didalamnya kita sisipkan tabligh akbar yang akan diisi oleh kyai-kyainyang tenar,” ungkap Lingga.

Selain itu lanjut Lingga, kegiatan itu nantinya akan dilakukan penyerahan hak paten otak-otak yang merupakan makanan khas asal Kecamatan Belinyu. Maka dari itu, dalam event itu nantinya akan ada acara makan otak-otak gratis.

” Termasuk hak paten otak2 dari Belinyu, yang sempat di klaim wilayah lain. Insha Allah dengan adanya kegiatan ini menjadi acuan, karena otak2 khasnya dari Belinyu. Akan ada 50 ribu otak-otak yang akan dihidangkan nanti. Plus ada 21 pedangang otak2,” ujarnya.

Bupati Bangka Mulkan mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan gabungan dengan tujuan menyatukan masyarakat. Terutama kata dia dalam segi kuliner yang dapat membantu meningkatkan ekonomi rakyat.

” Pada sore hari ini kita melaksanakan prees release, untuk kegiatan Harmoni. Merupakan suatu gabungan kegiatan yang nanti akan dilaksanakan oleh masyarakat Belinyu. Dari mulai kuliner, hiburan masyarakat, religi hingga pesta rakyat. Dengan ada nya kegiatan Harmoni, tentunya menyatukan untuk masyarakat kita didaerah. Tetapi melalui event-event itu merupakan penggabungan didalam suatu kegiatan. Mulai kuliner, untuk meningkatkan pendapatan ekonomi kerakyatan,” ungkap Mulkan.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Rismy Wira Madonna mengatakan, dirinya mengapresiasikan adanya event ini. Dia berharap event seperti ini berlanjut, sehingga bisa menjadi agenda tahunan.

” Kami dari dinas pariwisata sangat mengapresiasi kegiatan Harmoni. Semoga kegiatan ini bisa terlaksana dengan baik. Betul-betul kegiatan dan bentuk sinergi bersama. Dan mudah-mudahan, kegiatan ini bisa menjadi agenda rutin di kita. Seperti tahun kemarin festival kelesan. Otak-otak memang sejarah dari Belinyu,” kata Rismy.

Event Harmoni Belinyu 2023 nanti, berbagai macam kegiatan akan diadakan seperti Bazar UMKM, Karnaval Budaya, Tari Daerah, Marawis, Tabligh Akbar, Dambus Kedidi, Lomba Pantun, Collor Run, Dj Peformance, Penyerahan Hak Paten Otak-Otak, hingga Peformance Band dan hiburan artis ibukota. (Edho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *