Ada Balon Pemikat di Kelurahan Kuto Panji

Bangka677 Dilihat
banner 468x60

BANGKA — Kelurahan Kuto Panji, Kecamatan Belinyu baru saja melakukan lounching aplikasi berbasis internet yaitu Balon Pemikat atau lebih dikenal Basis Data Calon Penerima PBI JK Masyarakat. Lounching itu dilakukan di Kantor Kelurahan Kuto Panji, Rabu (10/07) pagi.

Untuk diketahui, Aplikasi Balon Pemikat adalah aplikasi website berbentuk google sites, yang dibuat untuk memudahkan masyarakat dalam memperoleh informasi mengenai status kepesertaan mereka dalam jaminan kesehatan nasional.

Pengguna aplikasi ini adalah masyarakat umum yang ingin memperoleh informasi publik menggunakan sistem elektronik berbasis web yang bisa diakses melalui peralatan elektronik seperti Smartphone atau Laptop dan PC.

Sementara untuk PBI JK adalah Penerima Bantuan Iuran (PBI-JK) melalui APBN. Suatu Jaminan Kesehatan bagi fakir miskin dan orang tidak mampu sebagaimana diamanatkan UU SJSN yang iurannya dibayari Pemerintah sebagai peserta program Jaminan Kesehatan melalui APBN.

Lurah Kuto Panji Mustopa mengungkapkan, dengan adanya aplikasi ini dapat memberikan dampak yang lebih akurat. Terutama kata dia, dalam sistem data masyarakat penerima bantuan.

” Mudah-mudahan memberikan dampak terhadap tingkat akurasi data penerima bantuan Iuran PBI JK untuk masyarakat di kelurahan Kuto Panji. Walaupun aplikasi ini masih sederhana mudah-mudahan ini akan jadi cikal bakal pengembangan aplikasi ini selanjutnya. Mudah-mudahan juga mendapat dukungan dari semua pihak terutama pemerintah daerah kita,” ungkap Mustopa.

Sementara Camat Belinyu melalui Sekcam Achmad Ichwanda mengapresiasikan atas inovasi yang digagas oleh Kelurahan Kuto Panji.

Meski sederhana pria yang kerap disapa Sulung ini mengatakan, membuat sistem seperti ini tidaklah mudah.

” Kami sangat mengapresiasi dan mendukung apa yg sudah dilakukan oleh Pak Lurah Kuto Panji terkait aplikasi ini, karena tidak mudah membuat aplikasi walaupun sederhana. Karena yang terpenting sekarang harus bnyak inovasi untuk kemudahan kita dan informasi publik mudah diakses,” kata Sulung.

Nah untuk masyarakat penerima bantuan PBI JK tunggu apalagi, ayo coba aplikasi karya dari Kelurahan Kuto Panji. Guna mempermudah akses informasi bagi yang menerima bantuan. (Edho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *